LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA – Kab. Badung

Menjalin Ukhuwah Merajut Kebersamaan

Program Kader Mandiri

Posted by ldiibadung pada 21-Agu-2010


Program Kader Mandiri adalah program pelatihan ‘Non-profit yang digagas, disiapkan dan diadakan oleh beberapa pemerhati bidang kepemudaan.

Program ini bertujuan untuk memberikan pembekalan berupa tambahan ilmu pengetahuan khususnya kepada para pemuda/ pemudi tentang banyak hal yang berhubungan dengan pentingnya memiliki moral, akhlak, perilaku dan kepribadian yang positif baik dalam kehidupan sehari-hari, dalam dunia usaha maupun kehidupan masyarakat lainnya, agar bisa digunakan sebagai bekal dimanapun para peserta nantinya akan berada.

Program ini tercetus setelah beberapa orang yang menjadi pemateri didalamnya melihat ‘kok banyak sekali pemuda yang punya potensi, bakat kemampuan yang sebenarnya ‘hebat tapi tidak bisa berkembang. Ternyata hal ini terjadi karena mereka belum punya cukup ‘BEKAL yang berupa soft skills.

Dalam program ini disampaikan 12 materi yang disajikan dalam bentuk tayangan power point (slides). Penyajian dibuat se’RILEKS’ mungkin agar peserta bisa lebih nyaman dan bisa berkomunikasi 2 arah dengan pemateri.

12 materi yang disampaikan adalah:

  • Komunikasi efektif
  • Mengenal potensi diri
  • Memimpin dan menjadi angota rapat
  • Pengajaran dan pelatihan
  • Membangun kekompakkan tim
  • memberi motivasi dengan contoh
  • Mengatasi konflik
  • Pengaturan waktu
  • Mengelola Perubahan
  • Pengembangan diri dan usaha
  • Hukum dan perundang-undangan
  • Teknologi Informasi

Materi diatas adalah hasil kemasan panitia dan diambil dari ‘sana-sini sehingga terangkum jadi 12 materi pilihan. Hal ini tentunya perlu masukan dari pembaca atau siapa saja yang terlibat atau yang mau terlibat didalamnya.

Kelas angkatan pertama dimulai bulan Juli 2010 dengan peserta terdaftar sejumlah 39 orang dari berbagai wilayah disekitar Bali. Untuk kali ini peserta adalah laki-laki semua dengan ‘Range usia yang juga sangat beragam, dari mulai siswa kelas 3 SMP sampai dengan pegawai swasta yang sudah berumah tangga. Agak sulit memang menyampaikan pesan dari 12 materi yang disampaikan ini karena beragamnya  peserta. Panitia sangat mengharapkan pesert dapat menyerap secara seluruh  materi yang disampaikan. Maka dengan segala usaha dan keseriusan pemateri setiap kelas pertemuan akan dibuat semudah mungkin agar penyampaian bisa dipahami dengan mudah dan lancar.

Rencananya setiap peserta akan diberikan ‘sertifikat setelah menyelesaikan 12 materi ini. Sertifikat akan ditanda tangani oleh Pembina Kepemudaan di wilayah Bali, wilayah di mana program kader mandiri ini diadakan, selain itu pula direncanakan acara ‘Outbound menjelang akhir dari program ini, sekaligus menjelaskan contoh-contoh peng-aplikasian teori di kelas dalam bentuk kerjasama kelompok di udara terbuka.

Bagi anda yang ingin mendapatkan materinya bisa melihatnya diwww.slideshare.net (kami harus menyimpannya disana karena setiap materi memerlukan space berkisar 3-4 megabyte) dan ketik judul di atas. Tentunya anda harus daftar dulu sesuai prosedur Slideshare. Setelah process pendaftaran berhasil dan anda bisa masuk ke Slideshare, silahkan ketik judul yang diinginkan, menunggunya juga agak lumayan lama jadi kalau anda mau men-download materinya harus agak sabar sedikit, atau saran kami sambil mengerjakan hal yang lain sehingga tidak terasa lama menunggu.

Silahkan menggunakan materi-materi  yang tersedia asal dengan ketentuan tetap bertujuan untuk menyebarkan ilmu untuk membantu dapat membina  pemuda/ pemudi atau siapa saja yang masih ingin menambah wawasan.

Artikel lain tentang PKM http://www.baliblindstips.com/pkm.htm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: